Tips Berbelanja Menyenangkan Bersama Buah Hati

Top jempol.com - Mengajak buah hati berbelanja bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Dan bagi ibu, tentu saja aktifitas ini bisa menjadikan waktu terasa lebih efektif dan efisien, karena dapat mengerjakan dua aktifitas secara bersamaan.

Namun hal ini tidak selamanya akan menyenangkan, si kecil bisa saja berulah, menangis dan rewel di tempat perbelanjaan sehingga menjadikan suasana belanja tidak kondusif. Ibu harus mulai pandai-pandai dalam mengatasi masalah dan mengembalikan kondisi menjadi terkendali sehingga aktifitas berbelanja pun kembali menyenangkan.

Nah, jika ibu mengalami hal yang demikian, berikut ini beberapa tips berbelanja bersama si kecil agar aktifitas berbelanja tetap lancar dan tentu saja menyenangkan bagi si buah hati.
Tips berbelanja menyenangkan bersama anak
Tips berbelanja menyenangkan bersama buah hati

Pilih waktu berbelanja yang tepat

Ketika ibu akan mengajak si buah hati berbelanja, pastikan anak sudah mendapatkan istirahat yang cukup, sudah makan dan dalam keadaan suasana hati yang baik. Ibu juga perlu mencari tahu kapan tempat perbelanjaan yang akan dikunjungi biasanya ramai pengunjung. Untuk meminimalisasi permasalahan yang tiba-tiba datang dari si kecil sebaiknya hindari berbelanja di jam-jam yang ramai.

Buat daftar barang belanja
Mengetahui apa yang akan dibeli sebelum memasuki tempat belanja bisa membuat waktu belanja terorganisir dan singkat. Hal ini sangat diperlukan tatkala ibu mengajak anak berbelanja. Meskipun si anak rewel, ibu tetap akan fokus dengan tujuan awal untuk berbelanja. Selain itu ibu juga bisa mengontrol pengeluaran dengan tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan dan hanya membeli barang yang ada di daftar belanja.

Kenali tempat perbelanjaan
Semakin baik ibu dalam mengenali dan hafal tata letak dari toko perbelanjaan, maka akan semakin cepat pula bagi ibu untuk akan menyelesaikan sesi belanja. Tidak ada yang lebih memakan waktu dan kesabaran daripada mencari barang yang diinginkan. Jika benar-benar tidak tahu, sebaiknya selalu tanyakan kepada pegawai dan jangan takut untuk bertanya di mana tempat barang yang diinginkan ditaruh agar daftar belanjaan yang telah dibuat cepat selesai.

Bawa perlengkapan anak
Jika si buah hati masih bayi, pastikan pakaikan popok yang bersih sebelum meninggalkan rumah. Hal ini bisa menjadi langkah antisipasi jika anak terlalu sering buang air kecil. Jadi ibu bisa menghemat waktu karena bisa mengurangi atau menghindari bolak balik ke ruangan bayi saat berbelanja. Selain popok tentu saja lebih bijaksana jika ibu juga membawa perlengkapan bayi lainnya seperti susu botol, tisu dan pakaian ganti.

Selalu bersikap positif
Anak sangat mudah sekali dalam suka meniru apa yang dilakukan oleh orang tua. Jika Anda pergi berbelanja dengan suasana hati yang buruk, anak mungkin juga bisa tidak bahagia dan menampakkan kegelisahan. Cobalah bersikap positif dan nikmati waktu belanja bersama buah hati menjadi lebih menyenangkan. Sering-seringlah untuk melakukan percakapan dengan anak sehingga anak akan selalu terjaga kondisi hatinya.