4 Cara Ini Efektif Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Top jempol.com - Bagaimana rasanya jika disaat Anda sedang bersiap-siap untuk istirahat tiba-tiba mendengar suara dengkuran dari orang yang ada disekitar Anda? Tentu saja hal ini sangat mengganggu bukan? Mungkin dalam hati Anda akan menggerutu dan merasa kesal.

Memang sangat tidak nyaman jika kita mendengar seseorang mendengkur. Dan perlu disadari bahwa mendengkur bisa dialami oleh siapa saja. Bisa saja itu terjadi pada Anda. Seseorang yang suka mendengkur pastinya akan menjadi kurang percaya diri dalam kehidupannya. Selain itu juga memperlihatkan bahwa kessehatannya sedang terganggu.
Cara efektif menghentikan kebiasaan mendengkur
Cara efektif menghentikan kebiasaan mendengkur

Seseorang yang seringkali mendengkur ketika tidur biasanya mempunyai pola hidup yang kurang baik. Secara medis, seseorang yang mendengkur dikarenakan jalur pernafasannya sedang tersumbat. Namun bukan berarti hal tersebut tidak dapat disembuhkan.

Shawn Stevenson, seorang dokter sekaligus penulis buku Sleep Smarter, memberikan tips sehat tentang cara cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menghentikan kebiasaan mendengkur melalui membiasakan pola hidup sehat.

1. Membiasakan pola hidup sehat
Solusi pertama yang diberikan Stevenson untuk menghentikan kebiasaan menengkur adalah dengan melakukan aktifitas fisik yang benar dan makan dengan pola yang sehat. Pola hidup sehat sangat diperlukan sebagai penyeimbang terjadinya obesitas pada seseorang karena akan memfilter masuknya timbunan lemak yang dapat mengganggu alur nafas saat sedang tidur.

2. Biasakan diri mengonsumsi air putih
Minum air putih secara rutin sebelum tidur juga menjadi solusi untuk mengurangi dengkuran. Aktifitas minum air putih sesaat sebelum tidur bisa mengatasi masalah dehidrasi saat tidur dan menghilangkan masalah kekeringan pada tenggorokan sehingga jalur pernafasan bisa lancar.

3. Biasakan tidur miring/menyamping
Tanpa disadari bahwa ternyata posisi tidur dapat membuat seseorang mengeluarkan suara dengkuran saat tidur. Cobalah perhatikan posisi orang yang sedang mendengkur. Bagi yang mengalami masalah mendengkur saat tidur sebaiknya mulai saat ini merubah posisi tidurnya ke posisi miring atau menyamping.

4. Hilangkan kebiasaan makan larut malam
Jika terpaksa harus makan, maka berilah jeda antara makan malam dan aktifitas tidur. Sebaiknya hindari makanan berkabohidrat, es krim dan susu karena dapat menghasilkan lendir. Penumpukan lendir terlalu banyak membuat jalur pernafasan tersumbat dan mengakibatkan seseorang mendengkur saat tidur.