Sempat Ditentang Pemerintah, Pria Ini Selamatkan Ratusan Iguana

Iguana termasuk salah satu spesies hewan yang keberadaannya sudah sangat langka. Perubahan geografis alam dan maraknya perburuan liar untuk mencari keuntungan pribadi menjadi penyebab mulai punahnya spesies ini.

Melihat kenyataan ini banyak para pecinta binatang mulai tergerak hatinya dan berusaha untuk melestarikan spesies langka ini. Salah satunya adalah aktifis pecinta hewan langka asal Meksiko, Ramon Archundia.

Bersama sang ayah, awal mulanya ia hanya memelihara sepasang iguana yang ditelantarkan oleh tetangganya. Namun kini, jumlah iguana-iguana yang berhasil ia selamatkan menjadi bertambah banyak hingga mencapai 642 ekor.

Untuk menampung ratusan iguana iguana miliknya, Ramon Archundia membuatkan habitat baru buat iguana iguana miliknya. Ramon membuat kandang yang cukup besar dan ditempatkan di rawa-rawa Manzanillo.
Sempat ditentang pemerintah, pria ini selamatkan ratusan iguana
Sempat ditentang pemerintah, pria ini selamatkan ratusan iguana

Setiap hari, Ramon juga harus menyediakan 180 kilogram makanan berupa sayuran dan buah-buahan sebagai santapan iguana peliharaannya. Makanan-makanan ini biasanya ia dapatkan dari sumbangan pedagang di pasar dan para pecinta hewan.

Selain aktifitas memberi makan, sesekali Ramon juga memandikan iguana iguana yang dia pelihara. Hewan-hewan tersebut sengaja ia lepaskan agar bisa berjemur di bawah siraman sinar matahari.

Namun usaha pria asal Meksiko ini tidaklah mudah. Badan perlindungan lingkungan Meksiko (PROFEPA) sempat akan menyita ratusan iguana peliharaannya dan menutup penangkaran miliknya dengan tuduhan memelihara hewan langka tanpa surat-surat resmi.

Namun usaha mulia Ramon Archundia mendapat dukungan dari para pecinta binatang. Mereka membantu Ramon Archundia untuk mendapatkan dokumen-dokumen resmi dari pemerintah Meksiko agar misi mulianya menjaga keberadaan hewan langka iguana tetap bisa dilanjutkan.