Walikota Ini Ajak Warganya Berkebun Di Area Perkotaan

Seorang pemimpin haruslah mampu menjadi seorang pengambil kebijakan yang tepat dalam pemerintahannya. Kebijakan yang tepat sasaran tentunya akan membawa keberhasilan nyata yang bisa dinikmati oleh semua warganya.

Tidak terkecuali walikota Paris, Anne Hidalgo. Dalam kepemimpinannya ia mempunyai program bahwa di tahun 2020 akan ada 100 hektar ruang hijau di kota Paris.

Jika kita melihat perkebunan di daerah pedesaan atau pegunungan itu adalah suatu hal yang biasa. Namun bagaimana hal tersebut bisa terwujud dalam sebuah kota yang sudah dipenuhi dengan gedung-gedung seperti di kota Paris?

Bisa dibayangkan bagaimana sebuah kota modern di dunia bisa dipenuhi dengan ruang-ruang hijau yang menghiasi setiap sudutnya. Coba lihat foto berikut ini.
Walikota ini ajak warganya berkebun di area perkotaan
Salah satu sudut hijau gambaran kota Paris
Meskipun saat ini Paris menjadi salah satu kota modern di dunia yang telah menjelma menjadi salah satu kota terhijau di dunia dimana disetiap ruang publik bisa terlihat petak bunga dan kebun kebun menempel ditembok. Namun langkah-langkah inovatif pemerintah Paris terus digulirkan

Mungkin saat ini Indonesia harus ikut belajar sehingga bisa mengembangkan kreatifitasnya seperti kota Paris dalam menghijaukan wilayah perkotaan. Untuk merealisasikan programnya, pemerintah kota Paris mengeluarkan undang-undang yang mendorong warganya agar berpartisipasi untuk menghijaukan kota.

Dalam undang undang tersebut para warga diizinkan dan diberikan hak penuh untuk menuangkan kreatifitasnya membuat kebun di area perkotaan. Agar nilai estetika kota tetap terjaga, pemerintah Paris mengajak warganya untu menggunakan metode alami berkelanjutan dan melarang warganya untuk menggunakan pestisida dalam proses membudidayakan tanaman.