Selain Menguatkan Tulang, 6 Manfaat Vitamin D Ini Jarang Diketahui

Selain menguatkan tulang, 6 manfaat vitamin D ini jarang diketahui - Vitamin D mempunyai peranan yang sangat penting didalam kinerja fungsi tubuh manusia. Salah satu fungsinya adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang bermanfaat untuk menguatkan tulang dan otot tubuh. Sumber utama vitamin esensial ini terdapat dari pancaran sinar matahari dan beberapa makanan seperti tuna, salmon, keju, telur.

Kekurangan vitamin D dapat berdampak pada lemahnya tulang. Selain itu, kekurangan vitamin D juga memunculkan resiko-resiko kesehatan yang dapat mengancam jiwa. Karenanya sangat penting untuk mempertahankan kadar vitamin D dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini 6 manfaat vitamin D selain menguatkan tulang seperti dikutip dari Boldsky.com.
selain menguatkan tulang, ini 6 manfaat vitamin D yang jarang diketahui
6 manfaat vitamin D yang jarang diketahui (sumber gambar)

1. Melindungi Dari Penyakit Kardiovaskular
Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Sebagai pencegahannya, pastikan bahwa tubuh Anda benar-benar tercukupi akan vitamin D dengan memberikan asupan yang cukup pada tubuh.

2. Melawan Depresi Berlebihan
Kadar vitamin D yang rendah dapat meningkatkan timbulnya depresi berlebihan pada seseorang. Tercukupinya vitamin D pada tubuh bisa dijadikan salah satu solusi yang efektif untuk menanggulangi depresi berlebih pada psikologi manusia.

3. Mengurangi Risiko Diabetes
Tercukupinya vitamin D yang cukup dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit diabetes. Hal ini senada dengan beberapa penelitian dari dunia kesehatan yang menyebutkan bahwa seseorang yang mempunyai kadar vitamin D yang rendah rentan untuk menderita diabetes.

4. Mencegah Terjadinya Infeksi
Vitamin D sudah terbukti sangat efektif dalam pencegahan penyebaran bakteri yang bisa menyebabkan infeksi seperti virus dan flu. Seseorang yang didalamnya terdapat kadar vitamin D yang cukup dalam tubuh cenderung terhindar dari penyebaran bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

5. Pencegahan Penyakit Kanker
Mempertahankan jumlah vitamin D dalam sistem tubuh dapat mencegah munculnya berbagai jenis kanker. Sebuah studi mengungkapkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin D rendah saja berisiko terkena kanker, sedangkan seseorang yang kekurangan vitamin D akan mempunyai resiko yang lebih tinggi lagi.

6. Meredakan Gejala Multiple Sclerosis
Menjaga tercukupinya dosis harian vitamin D bagi tubuh dapat mencegah timbulnya multiple sclerosis pada seseorang. Jika ada yang sudah menderita penyakit mengerikan ini, maka memberikan asupan vitamin D secara tepat dapat membantu meredakannya secara efisien.