6 Cara Paling Efektif Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

6 cara paling efektif menumbuhkan kepercayaan diri anak - Rasa percaya diri pada anak dapat berubah setiap saat. Hal ini antara lain bisa disebabkan dari berbagai pengalaman dan hal-hal yang baru ditemuinya dalam kehidupan.

Seorang anak yang memiliki kepercayaan diri yang rendah seringkali tidak ingin mencoba hal-hal baru yang bersifat menantang. Anak seperti ini cenderung pesimistik. Pola pikir yang dimilikinya cenderung berbicara tentang sesuatu hal yang bersifat negatif tentang dirinya sendiri, misalnya "aku ini adalah orang yang bodoh" atau "aku tidak akan pernah bisa untuk melakukan hal-hal yang rumit ini."

Sebagai orang tua, tentunya menjadi sebuah pekerjaan rumah agar anaknya bisa keluar dari masalah ini. Hingga akhirnya anak bisa mempunyai sikap optimis dan mandiri dalam menyelesaikan setiap permasalahan.
cara paling efektif menumbuhkan kepercayaan diri anak
cara paling efektif menumbuhkan kepercayaan diri anak

Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

1. Jadilah teladan bagi anak

Anak akan bercermin dari orang-orang disekitarnya. Ketika orang tua bisa menjadi model yang bisa diteladani oleh anak, maka besar kemungkinan anak akan menirunya. Sebaliknya, jika orang tua sering memperlihatkan sikap pesimis maka tidak menutup kemungkinan jika anak pun akan mempunyai sikap tidak percaya diri dalam kehidupannya.

2. Ciptakan rumah yang nyaman

Lingkungan rumah yang kondusif bisa berdampak pada tumbuhnya sikap percaya diri pada anak. Sebaliknya, anak-anak yang merasakan ketidaknyamanan ketika berada di dalam lingkungan rumah cenderung memiliki sikap percaya diri yang rendah.

3. Libatkan dalam sebuah kompetisi

Ketika anak cenderung bersikap pesimis dan selalu mengatakan akan ketidakmampuannya. Maka salah satu terapi untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya adalah dengan mengajaknya terlibat dalam pengalaman-pengalaman yang didalamnya terdapat kompetisi serta mencakup nilai-nilai kerjasama dan kebersamaan.

4. Curahkan kasih sayang

Sering memeluk anak dan mengatakan bahwa Anda sangat bangga kepadanya merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya. Selain untuk menguatkan ikatan batin antara orang tua dan anak, cara sederhana tersebut juga ampuh untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri anak.

5. Berikan pujian yang tulus

Seorang anakpun juga membutuhkan asupan batin berupa penghargaan untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Ketika memberikan sebuah pujian, berikanlah pujian tersebut dengan sungguh-sungguh dan penuh ketulusan. Jangan hanya memuji atas hasil yang dicapainya. Anak juga berhak mendapatkan pujian dan apresiasi atas semua usaha yang telah dilakukan.

6. Katakan hal-hal positif

Berhati-hati dalam berbicara dan hanya mengatakan hal-hal yang positif akan berdampak baik pada perkembangan anak. Anak-anak sangat sensitif terhadap apa yang didengarnya. Jika seorang anak sering mendengar orangtua mengeluh, maka anak akan mempunyai kecenderungan untuk mengeluh seperti apa yang pernah dikatakan oleh orangtuanya. Sebaliknya jika anak sering mendengar kata-kata positif dan melihat sikap optimis orang tua maka anak juga akan menirunya.

Kesimpulannya adalah bahwa anak merupakan aset yang sangat berharga. Jadi sudah menjadi kewajiban orang tua untuk membentuk karakter percaya diri pada anak. Selain cara-cara di atas, masih ada satu hal lagi yang tidak kalah penting yaitu berdoa. Semoga artikel 6 cara paling efektif menumbuhkan kepercayaan diri anak bisa bermanfaat untuk Anda.