Kapan Anak Mulai Diajarkan Dan Dilatih Aspek EIQ?

Kapan anak mulai diajarkan dan dilatih aspek EIQ? - Secara umum, EIQ atau emotional intelligence quotient dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam mengelola perasaan-perasaannya serta sadar dan menghormati akan keberadaan individu lainnya yang ada disekitarnya.
kapan anak mulai diajarkan dan dilatih aspek EIQ?
kapan anak mulai diajarkan dan dilatih aspek EIQ?

Seorang profesor psikologi dari Universitas Washington, Amerika Serikat, Jhon Gottman mengatakan bahwa jika seorang anak memiliki aspek EIQ yang tinggi, maka dalam masa pertumbuhannya anak tersebut sudah mampu untuk mengelola perasaannya dengan sangat baik, mempunyai sikap yang lebih tenang dalam kehidupannya serta mampu memahami dan berinteraksi dengan anak-anak lainnya bahkan orang dewasa yang notabene lebih tua usianya.

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan profesor Jhon Gottman, beliau berhasil menemukan banyak perbedaan anatara anak yang mempunyai EIQ tinggi dibandingkan anak-anak lainnya yang mempunyai aspek EIQ biasa-biasa saja.

Beberapa kelebihan seorang anak yang mempunyai EIQ tinggi adalah mempunyai kecenderungan mampu membentuk jalinan pertemanan yang kuat, mempunyai prestasi yang bagus di sekolah serta mampu menguasai impuls-impuls negatif jika dibandingkan anak-anak lainnya.

Kemudian kapan anak dapat mulai diajarkan dan dilatih agar mempunyai aspek EIQ yang baik? Menurut para pakar psikologi anak, aspek EIQ sudah mulai bisa diajarkan pada anak sejak usia dini. Anak-anak sudah mulai bisa dilatih ketika anak yang bersangkutan masih sangat fleksibel terhadap aspek-aspek perkembangan emosionalnya saat itu.