Manfaat Mengonsumsi Telur Sehabis Berolahraga

Manfaat mengonsumsi telur sehabis berolahraga. Ini penjelasannya! - Ketika selesai melakukan olahraga, tubuh kita akan mengalami sebuah fase yang disebut dengan fase anabolik dimana pada fase ini tubuh akan mengalami pembentukan ulang otot-otot tubuh setelah melalui proses destruksi.

Agar lebih maksimal dalam pembentukan ulang otot tubuh maka diperlukan asupan nutrisi sebagai penunjang. Dan salah satu jenis makanan yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi adalah adalah telur.

Telur merupakan makanan sumber protein yang baik karena mengandung asam amino yang dibutuhkan dalam proses metabolisme protein dalam tubuh. Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein, yang mencakup sekitar 15 persen dari asupan harian protein yang disarankan seperti dijelaskan dr. Nitish Basant Adnani.
Manfaat mengonsumsi telur sehabis berolahraga. Ini penjelasannya!
Manfaat mengonsumsi telur sehabis berolahraga. Ini penjelasannya!

Selain protein, telur juga mengandung beberapa vitamin esensial seperti –vitamin A, vitamin B6, dan vitamin B12 yang terletak pada kuning telur. Telur juga mempunyai kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Namun perlu diingat pula, meskipun rendah kalori, kandungan lemak dan kolesterol telur cukup tinggi lho. Terdapat sekitar 70 kalori, 5 gram lemak, dan sekitar separuh dari asupan harian kolesterol yang disarankan. Jika tidak hati-hati maka mengonsumsi telur justru dapat mendatangkan masalah.

Namun Anda jangan khawatir, karena ada cara untuk mengantisipasinya. Yaitu dengan mengkombinasi mengonsumsi lima putih telur dengan satu kuning telur. Kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi dalam kuning telur perlu diimbangi dengan mengonsumsi putih telur yang mengandung sekitar separuh dari protein kuning telur dengan kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah.

Jika dilakukan dengan komposisi yang benar maka tubuh seseorang akan memperoleh sekitar 21 gram protein serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan dari kuning telur tanpa mengonsumsi lemak dan kolesterol yang berlebihan.